Delapan Perusahaan Tambang Eksplorasi di Aceh Besar

Diterbitkan di Media Massa
24 September 2014

Kepala Dinas Pertambangan dan Energi Kabupaten Aceh Besar Fauzi mengatakan saat ini ada delapan perusahaan tambang yang memiliki Izin Usaha Pertambangan (IUP) eksplorasi di Aceh Besar.

"Mereka sudah mendapatkan IUP Eksplorasi, dalam melakukan Eksplorasi, Perusahaan membutuhkan waktu yang lama untuk mencari jenis tambang yang akan di ambil," kata Kepala Dinas Pertambangan dan Energi Kabupaten Aceh Besar Fauzi dalam Diskusi membangun forum multistakeholders pertambangan di Aceh Besar yang di laksanakan oleh Gerakan Anti Korupsi (GeRAK) Aceh, Selasa (15/7/2014) di Jantho, Aceh Besar.

Selama ini, kata Fauzi, sektor pertambangan merupakan sektor yang paling besar memberikan pemasukan kepada daerah, untuk itu perlu adanya pengawalan yang baik, sehingga tambang di Aceh Besar bisa membawa kemakmuran bagi masyarakat.

"Sekarang yang sedang berproduksi di Aceh Besar ada 3 perusahaan, tapi yang banyak memberikan pemasukan adalah PT.Lhoong Setia Mini. Selama ini PT.Lhong Setia Mini juga selalu memberikan Dana CSR kepada masyarakat baik melalui Kesehatan, Pendidikan dan Beasiswa," imbuh Fauzi

Sementara itu, Kepala Bidang Perencanaan Dan Pembangunan Sarana Dan Prasarana Bappeda Aceh Besar Alyadi menambahkan luas lahan tambang yang diperuntukan untuk sektor Pertambangan di Aceh Besar mencapai 1.624,56 ha.

"Itu terbagi dari beberapa jenis tambang, karena banyak jenis tambang yang ada di Aceh Besar," imbuhnya

Untuk Aceh Besar, tambah Alyadi ada beberapa jenis tambang yang dapat diambil seperti mineral logam, mineral non logam, batuan, batubara dan panas bumi. Selama ini, jelas Ia, Pemerintah Aceh Besar juga akan memanfaatkan posisi strategis sebagai pintu gerbang Provinsi untuk memanfaatkan potensi sumber daya wilayah yang tersedia dalam rangka menarik investasi.

"Disini perlu perang serta masyarakat untuk mengawal seluruh hasil alam yang ada di Aceh Besar, jangan sampai potensi alam diambil tanpa ada manfaat untuk masyarakat," tambahnya. (acehonline.info)

Berikan komentar

Pastikan Anda memasukkan informasi yang diwajibkan (*). Dilarang menggunakan kode HTML.

Moto GeRAKAceh

Terwujudnya gerakan sosial anti korupsi diprovinsi Aceh

Alamat Sekretariat

Jl. Kechik Ali No. 30, Dusun Lamthu, Gampong Cot Mesjid
Kecamatan Lueng Bata, Kota Banda Aceh, Provinsi Aceh - Indonesia Kode Pos 23245

Telephone 0851-0041-2967
Email antikorupsiaceh@yahoo.com

Jaringan GeRAK Aceh

  • GeRAK Aceh Besar
  • GeRAK Aceh Barat
  • Pos GeRAK Gayo
  • Pos GeRAK Sabang
  • Pos GeRAK Aceh Selatan
  • Pos GeRAK Aceh Barat Daya

Kirim Pesan