Saat memasuki musim liburan Natal dan Tahun Baru, kesiapan operasional jaringan teknologi informasi dan komunikasi menjadi sangat penting. PLN Icon Plus, salah satu perusahaan energi terkemuka di Indonesia, telah melakukan langkah proaktif dengan memastikan kelancaran operasional jaringan teknologi informasi dan komunikasi selama periode Natal dan Tahun Baru 2024/2025.
Kunjungan Langsung ke Data Center
Untuk memastikan kelancaran operasional selama periode Nataru, Direktur Utama PLN Icon Plus, Ari Rahmat Indra Cahyadi, melakukan kunjungan langsung ke fasilitas Data Center PLN Icon Plus. Kunjungan ini bertujuan untuk memastikan beberapa kesiapan diantaranya kesiapan infrastruktur digital, manajemen operasional, serta mitigasi risiko selama periode puncak konsumsi listrik dan aktivitas digital masyarakat.
Dalam kunjungan tersebut, Ari Rahmat Indra Cahyadi menyatakan pentingnya peran Data Center dalam mendukung stabilitas dan kehandalan layanan PLN. Dia juga menekankan bahwa Data Center merupakan tulang punggung dari semua layanan teknologi dan komunikasi yang disediakan oleh PLN Icon Plus.
Persiapan Menyeluruh
PLN Icon Plus telah memobilisasi seluruh 10 Strategic Business Unit (SBU) Regional untuk bekerja sama dengan unit-unit PLN yang tersebar di seluruh Indonesia. Sinergi antara berbagai unit ini diharapkan dapat memberikan jaminan keamanan dan kenyamanan bagi masyarakat dalam menikmati layanan telekomunikasi dan sistem ketenagalistrikan selama periode liburan Natal dan Tahun Baru.
Selain itu, PLN Icon Plus telah melakukan persiapan menyeluruh terhadap berbagai infrastruktur vital, seperti jaringan telekomunikasi, radio komunikasi, backup power supply POP, network backbone, fiber optic jalur backbone, keamanan siber, hingga pusat kendali operasi (NOC Command Centre). Tim siaga, kendaraan operasional, serta alat pendukung lainnya juga telah disiapkan untuk memastikan keandalan layanan selama periode Nataru.
Siaga Nataru 2024
Kunjungan ke Data Center dan persiapan menyeluruh yang dilakukan oleh PLN Icon Plus merupakan bagian dari program Siaga Nataru 2024. Program ini telah dirancang untuk memastikan kesiapan PLN Icon Plus dalam menghadapi peningkatan aktivitas selama liburan akhir tahun.
PLN Icon Plus juga bekerja sama dengan subholding dan anak perusahaan lainnya, seperti Haleyora Power dan PLN Nusa Daya, dalam memastikan kelancaran operasional selama periode Nataru. Sinergi antara berbagai entitas dalam PLN Group diharapkan dapat memberikan layanan yang stabil, aman, dan andal bagi masyarakat.
Komitmen PLN Icon Plus
Ari Rahmat Indra Cahyadi menegaskan komitmen PLN Icon Plus untuk menyediakan layanan yang terbaik bagi masyarakat, terutama selama momen spesial seperti Natal dan Tahun Baru. Dia juga mengungkapkan bahwa PLN Icon Plus terus berupaya untuk meningkatkan infrastruktur dan layanan guna memenuhi kebutuhan listrik dan komunikasi yang semakin meningkat.
Dengan langkah-langkah proaktif yang telah dilakukan, PLN Icon Plus siap menghadapi tantangan selama periode Nataru 2024/2025 dan memberikan layanan yang berkualitas kepada seluruh pelanggannya.