Pada perayaan ulang tahun ke-64 Jasa Raharja yang diselenggarakan di Kantor Jasa Raharja, Kuningan, Jakarta, Rabu (8/1/2025), Direktur Jenderal Bina Keuangan Daerah (Keuda) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Agus Fatoni, memberikan dorongan penting dalam upaya meningkatkan inovasi digital dalam tata kelola pajak kendaraan bermotor. Salah satu bentuk inovasi yang ditekankan oleh Agus Fatoni adalah Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan (SWDKLLJ).
Mendorong Inovasi Digital Jasa Raharja
SWDKLLJ merupakan dana yang digunakan untuk memberikan santunan kepada korban kecelakaan yang disebabkan oleh kendaraan bermotor melalui asuransi Jasa Raharja. Agus Fatoni mengungkapkan, “Jasa Raharja telah memperbaiki data dan tata kelola wajib pajak kendaraan bermotor serta pemberian hibah kepada daerah dalam meningkatkan kinerja Samsat selama ini.”
Menurut Agus Fatoni, Jasa Raharja memiliki peran penting dalam memberikan perlindungan dasar kepada semua masyarakat Indonesia yang mengalami musibah kecelakaan lalu lintas. Hal ini mencakup kecelakaan di darat, laut, maupun udara. Agus Fatoni mendorong Jasa Raharja untuk terus berinovasi dengan menerapkan layanan dan fasilitas digital terpadu guna mempercepat penanganan dan penyaluran santunan kepada korban dan keluarga korban kecelakaan.
Penghargaan dan Apresiasi
Pada acara tersebut, Agus Fatoni selaku pembina Samsat Nasional menerima pin dan piagam penghargaan dari Kementerian Badan Usaha Miliki Negara (BUMN). Penghargaan yang sama juga diberikan kepada Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri, Irjen. Pol Aan Suhanan, serta Direktur Utama PT Jasa Raharja, Rivan Achmad Purwantono sebagai Tim Pembina Samsat Nasional.
Wakil Menteri BUMN, Dony Oskaria, menyampaikan apresiasi atas dedikasi dan kinerja luar biasa yang telah ditunjukkan oleh Tim Pembina Samsat Nasional. Ia mengakui capaian 2024 yang berhasil menunjukkan kecepatan pemberian santunan, penurunan jumlah kecelakaan melalui efektivitas keselamatan transportasi, serta ekosistem pelayanan santunan yang memberikan kenyamanan perjalanan bagi masyarakat.
Optimalkan Jangkauan dan Kualitas SDM
Dony Oskaria juga mengajak seluruh insan Jasa Raharja untuk terus mengoptimalkan jangkauan layanan serta meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Dengan demikian, diharapkan Jasa Raharja dapat semakin kokoh dan mewujudkan komitmen nyata terhadap kepedulian terhadap masyarakat.
Kesimpulan
Dalam upaya meningkatkan layanan dan inovasi di bidang tata kelola pajak kendaraan bermotor, peran Jasa Raharja sebagai lembaga asuransi sangat penting. Dorongan dari Dirjen Bina Keuda, Agus Fatoni, untuk terus berinovasi dan menerapkan layanan digital merupakan langkah positif dalam meningkatkan efisiensi penanganan kecelakaan lalu lintas. Dengan demikian, diharapkan Jasa Raharja dapat terus memberikan perlindungan dan santunan yang cepat dan efektif kepada korban kecelakaan dan keluarganya.